Informasi: Sekanji Bekasi akan mengadakan program penanaman pohon mangrove dan penyelamatan lutung Jawa dalam wadah savemugo (Save Muara Gembong), silahkan menghubungi Pengurus Sekanji: 085692976959 (Ot'niel)

Open Sharing and Clean Papandayan Mountain 3~5 April 2015

Acara tukar pengalaman dan operasi bersih (opsi) gunung papandayan dilakukan oleh komunitas pendaki gunung bekasi yang tergabung  dalam wadah SEKANJI kemarin Jumat~Minggu tanggal 3~5 Maret 2015.

Dalam acara tersebut di ikuti oleh 60 orang  terdiri dari 6 orang team advance dan 54 orang team pembersih.

Team advance telah berangkat sehari lebih dulu untuk menentukan lokasi kemah dan  mendirikan 9 tenda dan 1 tenda dapur.

Sedangkan team pembersih berangkat pada Jumat pagi tanggal 3 April 2015 dengan menggunakan bus. Start dari GOR Kota Bekasi  dan menjemput anggota dari Cikarang di Pom bensin samping Kampus BSI Cikarang.

Perjalanan Team menuju Garut Jawa Barat melalui jalan tol Jakarta Cikampek  mengalami kemacetan akibat membludaknya pengguna jalan akibat acara liburan panjang dan weekend. Kemudian Team lewat Tol Purbaleunyi via padalarang dan keluar
Tol Cileunyi menujuk jalan raya Rancaengkek.

Anggota Team menyempatkan sholat jumat di salah satu masjid di sebelah kiri di jalan Raya Bandung ~ Garut. Setelah  selesai Jumatan dan istirahat , Team kembali meneruskan perjalanan ke Garut  tepat pukul 13:00 WIB.

Team Sekanji tiba di Kecamatan Cisurupan jam 16:15 WIB. Tempat di mana pemberhentian kedaraan besar menuju jalur pendakian Gunung Papandayan.
Kendaraan Bus parkir di libgkungan masjid besar Cisurupan.

Team Sekanji, berbenah diri persiapan melakukan pendakian dengan melakukan aktifitas membersihkan  badan , sholat dan sebagainya di masjid Cisurupan.

Setelah beres semua Team Sekanji bersiap untuk memulai perjalanan menuju gunung papan dayan dengan naik mobil kecil (pickup/ loss bak) sampai ke pos pendakian gunung Papandayan. Perjalanan dari Cisurupan sampai pos penjagaan sekitar 30 menit.

Sesampainya di lokasi pintu gerbang , team pendaki pembersih gunung melakukan briefing dan koordinasi antar panitia. Diantaranya apa saja yang perlu dilakukan saat pendakian.

Tepat Pukul 18:15  Team Sekanji melakukan pendakian di malam hari. Semua anggota yang membawa senter atau alat penerangan di nyalakan guna membantu penerangan saat perjalanan dan  bagi anggota yang lainnya.

Team Sekanji dalam pendakiannya ada juga anggota yang jenis perempuan sebanyak 7 orang . Ada yang pemula ada juga yang sudah pernah naik gunung.

Team sekanji sampai di camp pondok seladah sekitar jam 21:30 Wib. Walaupun  dalam perjalanan sedikit ada gerimis, namun tak membuat perbekalan menjadi basah. Karena team sekanji sudah memprediksi hal hal yang akan terjadi di alam bebas. Mereka sudah mempersiapkan jas hujan dari sejak berangkat.

Pagi harinya , sabtu 4 April 2015 acara opsi (operasi bersih) dilakukan . Menyisir jalan setapak di sekitar pondok seladah sampai tegal alun.

Walaupun kondisi hujan proses pembersihan sampah di gunung tetap dilakukan. Satu orang satu kantong plastik.Team Sekanji berhasil membawa sampah plastik sekitar 3 kuintal (300kg) sampai ke TPA sampah di pos jaga gunung papandayan. (NTM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar